Free Hit Counter
Calculate Body Mass

Minggu, 23 Oktober 2011

Praktikum 3

INPUTAN KEYBOARD

1. Tujuan
     a. Membuat program Java yang interaktif yang bisa mendapatkan input dari keyboard
     b. Menggunakan class BufferedReader untuk mendapatkan input dari keyboard
melalui layar console
     c. Menggunakan class JOptionPane untuk mendapatkan input dari keyboard
menggunakan GUI

2. BufferReader
    BufferedReader adalah sebuah class di java yang tepatnya terdapat pada package java.io.

 Untuk mengakses class BufferedReader pertama-tama kita harus memanggilnya terlebih dahulu dengan cara sebagai berikut :
    a. Tambahkan di bagian paling atas code dengan :
             import java.io.*;
        yang dimaksud dengan asteriq(*) adalah memanggil semua class yang    terdapat pada class io.
    b. Setelah kita selesai dengan dengan menambahkan code diatas kita harus   membuat statement seperti berikut :
            BufferedReader ml = new BufferedReader(new InputStreamReader(System.in))
    c. Setelah menambahkan statement diatas kita segera membuat blok-catch untuk menangkap input.
             try {
                  String x = dataIn.readLine();
             }catch(IOException e){
                  System.out.println(e);
             }
contoh:
 outputnya adalah sebagai berikut:

3. JOptionPane
    Fungsi class JOptionPane yaitu Berfungsi hampir sama dengan kelas BufferedReader yaitu menerima input-an dari keyboard oleh User, namun mode yang ditampilkan adalah dengan tambahan menggunakan DialogBox [MessageBox]. class BufferedReader Terletak di dalam java.io package sedangkan class JOptionPane Terletak di dalam javax.swing package.
contoh:
 output dari sources code:



Tugas kalian buat dan analisislah sources code dibawah ini:
sources code yang pertama

 output sources code pertama
 sources code kedua
 output sources code kedua


Tidak ada komentar:

Posting Komentar